Edy Rahmayadi : Sumatera Utara Bermartabat Dimulai dari Alquran

oleh -65 views
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi foto bersama Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM, Wakil Ketua Umum MUI Sumut Dr H Arso, SH, MAg, dan para peserta preaih prestasi pada STQ Nasional XXVI, pada acara Penyambutan kepulangan peserta Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional XXVI di Aula Tengku Rizal Nurdin, Sabtu (23/10). Sumatera Utara berhasil meraih tiga besar pada STQ Nasional XXVI yang diselenggarakan di Maluku Utara. (foto/ist)

MEDAN| Sumatera Utara (Sumut) berhasil menempati posisi tiga besar nasional pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI Maluku Utara yang berlangsung pada 16-22 Oktober 2021. Kedatangan para kafilah kembali ke Sumut disambut sukacita oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada acara penyambutan, Sabtu (23/10/2021) malam di Rumah Dinas Gubernur.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi memberikan tali asih kepada empat orang Kafilah Sumut berhasil meraih juara pertama masing-masing senilai Rp100 juta dan kepada dua orang yang meraih juara tiga mendapatkan tali asih masing-masing senilai Rp50 juta.

Edy Rahmayadi menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih para kafilah. “Kepada anak-anakku yang sudah berhasil, terima kasih. Tidak seberapa apa yang sudah diberikan. Saya bangga kepada kalian. Ini bukti Sumut semakin bermartabat. Terima kasih kepada pelatih, pendamping,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Edy menyampaikan keinginannya untuk menggelorakan kembali Alquran di tengah masyarakat. Karena menurutnya Sumatera bermartabat dimulai dari Alquran.

Edy yakin banyak di pelosok Sumut yang bisa mengukir prestasi dengan mengagungkan kalam illahi. “Saya yakin dan percaya itu. Sekarang baru 30-40% potensi yang tergali, ini pekerjaan rumah LPTQ dan kita semua,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM, Wakil Ketua Umum MUI Sumut Dr. H. Arso, SH, M.Ag, Ketua Umum LPTQ Sumut Asren Nasution, para pelatih dan pendamping.

Sumut berhasil bangkit dari posisi lima besar pada MTQN tahun 2020 di Sumbar. Capaian tersebut mengulangi prestasi Sumut yang juga meraih tiga besar nasional pada ajang MTQN 2018 di Medan dan STQN di Kalimantan Barat tahun 2019.

Untuk mendorong prestasi di bidang tilawatil Al-Quran di Sumut, sejak Edy Rahmayadi menjabat sebagai gubernur tahun 2018 hingga kini ia memberikan bonus yang cukup besar bagi para qori-qoriah dan hafidz-hafidzah yang berprestasi di tingkat nasional. Tali asih yang diberikan senilai RP 100 juta, 75 juta dan 50 juta bagi yang berhasil mendapatkan juara I, II dan III.