Edy Dukung Penyaluran Dana Bergulir Zakat Produktif

oleh -9 views

MEDAN| Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung program penyaluran dana bergulir zakat produktif kepada umat dalam pengembangan perekonomian. Karena itu masyarakat diminta memberikan zakat untuk keberkahan harta benda.

“Kita ingatkan agar masyarakat yang belum membayar zakat harta dari gaji mereka. Karena kalau ASN Pemprov Sumut kan sudah langsung dipotong dari gaji mereka,” ujar Gubernur Edy Rahmayadi, saat audiensi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut di Rumah Dinas Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (6/5/2021).

Hadir di antaranya Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Wakil Ketua Baznas Sumut Haris Fadillah serta jajaran pengurus dan pejabat terkait.

Menurut Gubernur, kesadaran zakat oleh masyarakat akan mampu menjadi sumber solusi bagi persoalan kemiskinan di Sumut. Apalagi jika pengelolaan oleh lembaga seperti Baznas bisa optimal, misalnya pemberian bantuan usaha kepada pelaku UMKM, petani dan peternak, sehingga tidak hanya memberikan zakat yang sifatnya konsumtif.

“Kalau optimal, maka pengelolaan oleh Baznas bisa menjadikan orang miskin berkurang. Jadi memang lebih baik begitu, kita berikan rakyat ini pancing, bukan ikannya,” sebutnya.