Dua Pesan Nabi kepada Umat Islam

oleh -119 views

MEDAN| Dalam sebuah riwayat menyebutkan, ada dua pesan Nabi Muhammad Rasulullah Saw kepada umatnya di alam dunia yang fana ini, jika dilupakan bakalan celakalah kita.

Manusia dilahirkan ke dunia dengan berbagai macam bangsa. Dari bangsa bangsa yang ada tersebut terpecahlah dengan berbagai macam suku di seluruh dunia sehingga adat istiadatnya pun berbeda pula.

Tetapi dari semua perbedaan tersebut, cuma agama yaitu Islam yang mempunyai pondasi ajaran paling kuat, karena kita punya dasar yang sama, kata Al Ustad M Yusuf Siregar SFil I dalam ceramahnya pada pengajian Minggu (19/09/2021) usai Salat Subuh di Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan.

Islam adalah agama yang memiliki kekuatan hakiki, memiliki pondasi ajaran dasar kokoh yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasul sebagai benteng dalam menata kehidupan manusia di muka bumi ini. Di dunia ini Al-Quran sama ajaranya, jika ada yang melenceng dari Al-Qur’an itu perlu dipertanyakan.

Pengajian yang dipandu Imam Besar Masjid Raya Miftahul Iman, M Ridwan Harahap MPdI tersebut berlangsung hangat dan hidup, dihadiri para jamaah aktif dan militan dari beberapa lingkungan di sekitar itu maupun beberapa jamaah tamu.

Dua Pesan

Menurut Ustad Yusuf Siregar, kita manusia diberi hidup di muka bumi milik Allah ini hanyalah sementara ibarat bertamu di rumah orang, kita pasti akan pulang, katanya.

Jadi sudah sewajarnya seorang tamu harus punya sopan santun, tidak sembarangan dan harus bertatakrama baik sesuai aturan pemilik rumah, sebab jika kita suka suka sendiri pasti tuanrumah bisa marah.

Oleh sebab itu, selama seorang itu hidup di dunia milik Allah ini harus melaksanakan aturan main yang sudah ditentukan. Ada yang boleh dan ada tidak,, ada halal ada haram serta kewajiban juga harus dilaksanakan.

Sebagai muslim tentunya kita sudah tahu apa kewajiban selama hidup di dunia. Allah tidak pernah memaksa, tetapi yang namanya tamu di muka bumi milik Allah ini ya kita harus tau diri.

Karenanya Junjungan Alam Nabi Besar Muhammad Rasulullah Saw dalam dua pesannya kepada umat pengikutnya menyebutkan, agar manusia berpeganglah kepada Al-Qur’an dan ajaran Rasulullah.

Al-Quran adalah Kalam Allah yang memiliki ajaran paling lengkap dan tegas. Berpegang teguh lah dengan Al-Qur’an dan laksanakan lah ajaran Rasulullah Saw di niscaya kamu akan mendapatkan segalanya, pesan nabi dalam. satu riwayatnya., sebut Ustad Yusuf.

Jangan sampai orang yang bukan Islam mendalami Al-Quran, karena mereka tahu bahwa Kalam Allah itu memiliki kekuatan penuh semua ilmu. Sementara umat muslim tak mau mempelajarinya, sedihnya lagi membacanya pun tidak, katanya. Karyadi Bakat SE

Bertamu di Rumah Allah

iman dan amal Sholeh sebagai bekal saat kita pulang kembali dipanggil Allah

sedekah mempermudah saat melintas jembatan sirotol mustagin

masuk surga tan pa hisaf

pesan nabi. jauhi hal2 yang haram
Ridho dan ikhlas lah kepada Allah
berbuat baik kepada tetangga
cintailah manusia sebagai mana kamu mencintai diri sendiri
jangan terlalu banyak tertawa (KarbaK)