Drainase Tak Berfungsi, Warga Jalan Perniagaan Berastagi Mulai Resah

oleh -284 views

TANAH KARO | Sejumlah saluran drainase di Kota Wisata Berastagi, Kabupaten Karo, disebut tidak berfungsi dengan baik. Sehingga sebagian wilayah kota itu sering terendam dikala hujan deras turun.

Yang lebih menghawatirkan, sebagian rumah warga juga ikut terendam banjir. Seperti terpantau orbitdigitaldaily.com di jalan Perniagaan atau di depan Kantor Lurah TL Mulgap II Berastagi, Senin (5/10/2020).

Menurut keterangan warga setempat, A Tarigan (34) setiap kali diguyur hujan lebat, hampir sebagian wilayah Berastagi kususnya di jalan Perniagaan ini dilanda banjir. Warga pun mulai resah.

Banjir yang melanda kawasan tersebut katanya disebabkan karena banyaknya drainase kota Berastagi tidak berfungsi dengan baik dan sudah tersumbat. 

“Setiap kali hujan, jalan Perniagaan ini sudah pasti terendam banjir. Karena drainase tidak berfungsi lagi dan tidak pernah diperbaiki oleh pemerintah,” kata Tarigan.

Sementara, warga lainnya K Surbakti (42), juga mengatakan hal yang sama. Banjir yang menggenangi kota Berastagi setiap kali hujan turun sudah sangat meresahkan.

Sebab katanya, setiap kali hujan deras turun, dirinya selalu was-was karena air masuk ke dalam rumah dan ke dalam toko miliknya yang berada di jalan Perniagaan Berastagi.

“Karena, air yang masuk ke toko beberapa barang-barang milik saya basah dan rusak,” sebutnya.

Lanjutnya, menyikapi persoalan ini dirinya berharap kepada pemerintah daerah kususnya Camat Berastagi  untuk memperbaiki saluran air atau drainase kota Berastagi ini . 

Karena, hampir sebagian drainase di Kota Berastagi ini sudah tidak berfungsi. Sehingga, memicu banjir setiap kali diguyur hujan lebat dan mengakibatkan drainase tidak berfungsi, sehingga genangan air menggenangi badan jalan dan juga rumah warga.

Reporter : David Kaka