Diwarnai Nuansa India, Unpab Wisuda 1.124 Sarjana

oleh -22 views
Foto : Istimewa

MEDAN | Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan, melangsungkan wisuda. Kali ini jumlah yang diwisuda sebanyak 1.124 orang dan berlangsung di Gedung Selecta Medan, belum lama ini. Menariknya acara wisuda diwarnai dengan nuansa India.

Rektor UNPAB Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM yang juga berpenampilan khas India saat diwawancarai wartawan mengatakan, mahasiswa yang diwisuda meliputi program pascasarjana, sarjana dan diploma.

“Mahasiswa juga perlu mengetahui budaya mancanegara sebagai inspirasi, India negara yang maju dengan teknologi dan Agustus ini merupakan hari kemerdekaan India. Harapan kita akan terjadi hubungan baik antara Sumut yakni UNPAB dengan India, dan bisa tukar menukar mahasiswa dan join program yang lebih mendunia,” ujar Isa Indrawan.

Rektor menyebutkan, ada sejumlah karakteristik pemimpin yang baik yang harus ada dalam diri seorang Change Agent. Yang pertama, visi yang jernih, yaitu sebagai pemimpin, seseorang harus memiliki target yang jelas sehingga program kerja dapat disusun dengan baik dan dengan tahapan yang berkesinambungan karena arah yang dituju jelas.

“Pemimpin yang baik harus bisa menjelaskan ide dan konsep yang ada dalam pemikirannya secara jernih kepada orang lain dan terutama kepada anggota tim kerjanya,” kata rektor.

Yang kedua, memiliki kegigihan untuk mencapai target. Ketiga, bersikap kritis dan analitis. Dengan kata lain, pemimpin yang baik harus selalu bernalar dan menggunakan akal sehatnya. Tidak ada hal yang ditelan bulat-bulat tanpa mengerti substansinya. Keempat, sarat akan pengetahuan dan memimpin dengan memberikan contoh.

Tujuannya hanya satu, memajukan bidang pendidikan yang sering disebut dengan tongkat estafet bagi negara kata dia. Di era digital ini, sebut rektor, perguruan tinggi di dunia sudah mulai bertambah dengan sangat pesat. Tercatat, di Indonesia berdasarkan data di Kemenristekdikti di tahun 2022 menunjukkan jumlah 3.115 perguruan tinggi dengan 25.548 program studi.

Arah pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia menuju daya saing global dapat terlihat dari visi yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi seperti visi dari Universitas Pembangunan Panca Budi yaitu “World Class University”, yakni mahasiswa akan lebih didorong untuk siap menghadapi standard global, industri 4.0 dan society 5.0.

“Perkembangan teknologi Informasi yang cepat seiring dengan perkembangan zaman, membawa perubahan tatanan kehidupan baik secara sosial, budaya, terutama dunia kerja,” tandasnya.

Reporter : Amirul Tanjung