Diskelkan Aceh Gelar Sosialisasi Kampanye Gemar Makan Ikan di Gayo Lues

oleh -138 views

Gayo Lues | Ditahun 2021 ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (Diskelkan) Provinsi Aceh menggelar sosialisasi kampanye gemar makan ikan di 5 Kabupaten yang ada di Bumi Serambi, namun, kegiatan sosialisasi tersebut dimulai dari Kabupaten Gayo Lues, yang adakan di Pasantren Luhul Azam, Rabu (3/3/2021).

Kepala Diskelkan Provinsi Aceh Melalui Kasi Pemasaran Produk Hasil Perikanan (P2HP), Cut Haswirna S Pi, mengatakan, program ini adalah program rutin Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi kepada peserta didik tingkat SD dan SMP bahwa menkonsumsi ikan sangat baik dam memiliki potensi yang luar biasa.

Kemudian, Diskelkan juga membina pengrajin mengolah segala jenis ikan untuk dijadikan cemilan seperti, Naget, Sosis, Dimsum, Bakso Tahu dan masih banyak lagi cemilan yang dapat diolah dari bahan dasar ikan.

“Hasil olahan dari binaan Diskelkan Provinsi Aceh nanti akan dibagikan kepada peserta didik yang ada di Pasantren Luhur Azam untuk dicicipi,” katanya.

Ia juga menjelaskan, 5 Kabupaten yang menjadi tempat untuk menggelar kampanye gemar makan ikan di tahun 2021 ini, Gayo Lues, Bireuen, Pidie, Singkil dan Subussalam.

Untuk ingin mendapatkan cemilan tersebut bisa langsung pergi ke Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Sigli dan Bireuen.

Ia berharap, dengan adanya program gemar makan ikan ini, peserta didik bisa dapat memahami pentingnya menkonsumsi ikan, minimal dilakukan 1 bulan sekali dan lebih baik lagi jika dilakukan 1 Minggu sekali.

Sementara, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Gayo Lues, Syukri SP menyebutkan, kegiatan gemar makan ikan ini adalah kegiatan yang sangat positif, karna disini pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh memperkenalkan bahwa segala jenis ikan dapat dijadikan cemilan yang memiliki potensi yang luar biasa terutama untuk anak-anak.

“Nanti untuk cara pengolahannya kita minta untuk diberitahukan agar kita dapat menyampaikan kepada masyarakat bagai mana cara mengolah ikan untuk dijadikan cemilan yang bermanfaat, dan dapat dikonsumsi sendiri tanpa harus membeli cemilan yang sudah jadi,” sebutnya.

Kadis pun berharap, kegiatan gemar makan ikan ini tetap terus berlanjut dan sosialisasi juga dapat dilakukan di masyarakat.

Reporter : Putra