Diduga Dana BOS Tak Sesuai Peruntukan, SMAN 2 Kabanjahe Lakukan Pungutan

oleh -668 views

Karo-ORBIT: Pemberitaan terkait pungutan sumbangan pendidikan yang dilakukan pihak SMA Negeri 2 Kabanjahe menuai respon. Salah satu orang tua siswa yang tidak ingin disebut namanya mendatangi wartawan sembari memberikan lampiran penggunaan uang pungutan tersebut.

Dikatakannya, banyak dari penggunaan uang tersebut yang terasa janggal dan tidak wajar dipungut dari orang tua siswa. “Untuk ongkos dan jajan anak setiap hari saja harus pontang-panting kesana kemari mencarinya. Dan sekarang malah disuruh membayar ongkos Kepala Sekolah,” katanya kepada wartawan, Sabtu (25/8/2018) di Kabanjahe.

Terpisah, Pemerhati Pendidikan Kabupaten Karo Julianus Paulus Sembiring SPd menyebutkan, penggunaan dana BOS di sekolah harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara Tim BOS Sekolah, Dewan Guru, dan Komite Sekolah. Hasil kesepakatan di atas harus dituangkan secara tertulis dalam bentuk berita acara rapat dan
ditandatangani oleh peserta rapat.

“Kesepakatan penggunaan BOS harus didasarkan pada skala prioritas kebutuhan sekolah, khususnya untuk membantu mempercepat pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan/atau Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan itu harus dipampangkan di papan pengumuman sekolah dengan bentuk Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS),” ujarnya.

Pemerhati Pendidikan Karo, Julianus Paulus Sembiring SPd saat berfoto bersama seorang siswa, anggota paskibra.

Menurutnya, berdasarkan Permendikbud No 1 Tahun 2018 tentang Juknis BOS 2018, apakah tahapan ini sudah dilakukan oleh pihak sekolah, mengingat jumlah siswa di sekolah tersebut ada sekitar kurang lebih 1080 lebih siswa dikalikan Rp1,4 juta dari BOS sehingga penerimaan dana BOS di sekolah tersebut hampir mencapai Rp1,5 M. Apakah dana tersebut tidak mencukupi.

“Proses pembuatan RKAS dana BOS di sekolah tersebut diduga tidak melalui tahapan yang diatur dalam Permendikbud No 1 Tahun 2018, sehingga tidak sesuai peruntukan di lapangan. Sehingga saya menduga alokasi dana BOS diperuntukkan tidak tepat pada porsinya dan kegiatan yang seharusnya didanai dari dana BOS dikutip dari sumbangan,” ujar Julianus.