Dibiayai Rp588 Juta, PT. TPL Bangun Sarana Air Bersih 2 Desa

oleh -646 views
Wabup Tobasa, Ir Hulman Sitorus dan rombongan bersama Camat Parmaksian Paiman Butarbutar dan pihak PT. TPL tinjau bak penampung air, Parmaksian, Kamis (24/10/2019) lalu. (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

TOBASA – Dalam kunjungan kerjanya di Wilayah Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir, Wakil Bupati Tobasa, Ir Hulman Sitorus didampingi Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar meninjau bangunan sarana air bersih di Desa Sosor ladang, belum lama ini.

Kepada Wabup, Jerry Tobing, staf Humas PT TPL di lokasi menerangkan bahwa bak penampung sarana air itu memiliki volume sebanyak hampir 500  M3 yang akan dialirkan untuk memenuhi kebutuhan warga di dua desa.

“Kedua desa tersebut yakni Deda Sosorladang dan Desa Tangga Batu 1,” sebut Jerry.

“Sumber airnya kita alirka dari mata air Sisuhar-suhar melalui pipa sepanjang sekitar 2 kilometer hingga sampai di bak penampungan dan sekitar 700 meter paling dekat ke rumah warga,” terang Tobing alumnus PTKI Menteng VII itu.

Mendengar keterangan tersebut, Wabup tampak mempertanyakan kwalitas air. “Bagaimana kwalitas airnya? Apakah bisa langsung digunakan warga?” tanya Hulman.

Menjawab hal itu, Tobing menguraikan bahwa bila hujan turun, kadang kwalitas air memang agak keruh sebab debit air bertambah sehingga membawa lumpur.

Untuk itu, air di dalam bak penampungan sebelum didistribusikan ke pemukiman akan diproses guna menjernihkannya.

Terpisah, Parlin Marpaung tokoh pemuda setempat mengemukakan bahwa ketersediaan air dari Sisuhar sugar bila dimaksimalkan bisa mencukupi kebutuhan air untuk seluruh warga di Kecamatan Parmaksian.

“Kecamatan ini menyimpan harta kekayaan yang tak terhingga, hanya SDMnya saja saat ini yang masih kurang,” ujar Parlin dengan nada serius.

Reporter: Bernard Tampubolon


No More Posts Available.

No more pages to load.