Dandim 0205/TK Bentuk Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Alam Karo

oleh -396 views
Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE dan Asisten 1 Suang Karo Karo serta pihak BPBD ketika melakukan pembahasan pembentukan tim.

Karo-ORBIT: Mengingat letak geografis Tanah Karo yang berada di dataran tinggi Sumatera Utara dan juga sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang rawan banjir dan longsor, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE, berinisiatif membentuk Tim Khusus Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Alam.

Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, pihak Kodim 0205/TK mengundang sejumlah para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait pembahasan pembentukan Tim Reaksi Cepat agar segera terlaksana dan menggelar pelatihan simulasi, agar bencana alam dapat cepat ditangani, Jumat (9/10/2018) di Makodim 0205 Tanah Karo.

“Kegiatan ini untuk mengorganisir kesiapan dalam menghadapi longsor maupun banjir, hal ini mengingat cuaca yang cukup ekstrem di Karo karena letak geografis berada di daerah penggunungan dan jalan yang curam. Sehingga kita perlu tim cepat dalam penanganan itu dengan melibatkan semua pihak,” ujar Taufik yang juga menjabat Dansatgas bencana erupsi Gunung Sinabung.

Lanjut Dandim, adapun langkah ke depannya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah, para SKPD terkait dan Stakeholder lainnya.

“Dengan terbentuknya tim ini, masing masing pihak sudah tahu dan memahami apa yang akan dilakukan ketika bencana itu datang. Jadi semua pihak harus terlibat supaya kita tidak gagal dalam penanganannya,” jelasnya.

Inisiatif tersebut sangat diapresiasi Kepala BPBD Karo, Ir Martin Sitepu melalui Kabid Logistik, Natanail Perangin-angin dan diyakini ide tersebut akan sangat membantu pihak Pemkab Karo dalam menangani setiap bencana.

“Inisiatif ini sangat kita dukung penuh dengan menggunakan setiap potensi-potensi yang ada pada kita, karena dengan tim ini, juga akan mengatasi setiap bencana yang ada dengan cepat dan mudah. Kita sangat apresiasi ide cemerlang pak Dandim,” imbuh Natanail.

Seperti diketahui, lanjutnya, potensi bencana di Kabupaten Karo cukup tinggi khususnya banjir dan longsor. Untuk mengantisipasi ini semua, harus melibatkan semua stakeholder yang ada.

“Tetap kita berkoordinasi terhadap semua stakeholder, baik TNI-Polri dalam mengantisipasi di saat bencana datang supaya kehidupan masyarakat tetap berjalan dan roda perekonomian tidak terganggu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Suang Karo Karo, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu SIK , Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba , Sekretaris BPBD Natanail Prangin Angin, Kepala Kesbang Tetap Ginting dan seluruh jajaran Kodim 0205 /TK. Od-Vid/Bam