Dampak Covid-19 Pada Bidang Pendidikan

oleh -70 views

oleh : Cahyani

Pada akhir Maret 2020 muncullah wabah penyakit yang lazim disebut orang namanya Pandemi Covid 19. Pandemi Covid-19 ini munculnya negara Wuhan China hingga akhirnya tertular ke Indonesia. Covid – 19 ini merupakan sebuah virus kecil yang tak nampak namun cepat sekali penularannya, dan termasuk juga ke dalam kategori virus yang mematikan.

Munculnya Pandemi Covid- 19 ini di Indonesia merupakan salah satu derita paling besar bagi Indonesia dan juga sangat memilukan, disebabkan karena banyaknya saudara-saudari kita yang jatuh korban dari wabah penyakit ini. Salah satu akibat dari wabah Covid- 19 ini ialah dalam bidang pendidikan baik tingkat SD SMP SMA dan perguruan tinggi, yang biasanya seorang siswa dan guru belajar dalam satu ruangan sekarang tidak lagi sekarang siswa maupun mahasiswa harus belajar dengan menggunakan media online seperti HP Android laptop notebook dan sebagainya.

Dalam pembelajaran online ini maka seorang guru maupun siswa ada yang mengalami kesulitan salah satunya dikarenakan karena faktor jaringan internet yang tidak mendukung apalagi di daerah perkampungan atau pelosok-pelosok desa.Kisah wabah covid 19 ini memiliki akhiran yang berbeda pada setiap negara (Lee 2020). seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk membatasi topik yang berdampak pada berbagai bidang di dunia salah satunya atau khususnya dalam bidang pendidikan yakni yang harus dilakukan secara online.