Cory Siap Jalankan Instruksi Gubsu Pembangunan Sport Centre di Siosar

oleh -113 views

KARO | Menyusul rencana pembangunan Spor Centre di kawasan Siosar Kecamatan Merek Kabupaten Karo tahun 2022 mendatang, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang siap menjalankan instruksi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) untuk menyusun masterplan dan mempersiapkan ijin pemakaian lahan seluas 20 hektare dari instansi terkait.

Hal itu diungkapkan Cory S Sebayang, Sabtu (4/9) di Kabanjahe, sepulang meninjau rencana lokasi Sport Centre di Siosar Kecamatn Merek Kabupaten Karo bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Kadispora Provsu Ardan Noor, Kadis Kehutanan Provsu Herianto, Bupati, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting dan rombongan.

Menurut Cory, pihaknya siap menjalankan perintah Gubsu untuk menyusun masterplan rencana pembangunan sport centre di Siosar, termasuk untuk mengurus dan melengkapi ijin yang dibutuhkan untuk pembangunan sarana dan prasarana olahraga itu.

“Begitu juga menyangkut soal estetika dan penataan kawasan pemukiman , pertanian dan objek wisata yang berkaitan dengan pembangunan sport centre, kita pedomani arahan pak Gubsu,” Ucap Cory.

“Perintah pak Gubsu ini, positif untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Karo, kita berharap tahun 2022 mendatang pembangunan sport centre sudah dapat terlaksana. Terima kasih kepada pak Gubsu atas perhatiannya akan pembangunan Karo, tepatnya di Siosar yang akan dibangun kawasan terpadu, sarana olahraga, pemukiman, pertanian, dan destinasi wisata,” sebut Cory.

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan sport centre itu, semua harus dipersiapkan secara matang, mulai dari masterplan hingga perijinan, termasuk ijin penggunaan lahan harus benar-benar diselesaikan.

“Kalau itu sudah selesai semua, tahun 2022 mendatang, pembangunan sport centre sudah dapat dilakukan,” katanya.

Untuk itu kepada Bupati Karo supaya mempersiapkan dan menyusun masterplan pembangunan sport centre yang nantinya dilengkapi fasilitas olahraga, seperti lapangan sepak bolai, fasilitas atletik termasuk wisma atlit dan sarana olahraga lainnya.

Pembangunan areal sarana olah raga diatas lahan 20 Ha, yang berdekatan dengan relokasi pemukiman warga terdampak Gunung Sinabung ini, harus juga memperhatikan estetika dalam penataan antara pemukiman, pariwisata dan areal pertanian.

“Silakan berkunjung ke Jerman untuk melihat bagaimana negara itu menata rapi membangun kawasan terpadu, antara kawasan pertanian dengan pemukiman dan pariwisata, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata daerah ini,” tandasnya.

Reporter : Daniel manik