Cerdaskan Masyarakat Tentang Pemilu, KIP Singkil Sediakan Rumah Pintar

oleh -194 views

ACEH SINGKIL- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil saat ini telah menyediakan sarana edukasi untuk pembelajaran dan pengetahuan tentang Pemilihan Umum (Pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).


Sarana edukasi itu disediakan oleh KIP Aceh Singkil sebagai Rumah Pintar Pemilu (RPP), dilokasi gedung Kantor KIP, Jalan Singkil-Rimo, Desa Selok Aceh Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

RPP Syekh Abdurauf As-Singkil, telah dibuka secara resmi, yang ditandai dengan pemotongan pita, serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Jumat (7/2/2020).


Serangkaian itu, KIP Aceh Singkil turut menyerahkan Cendramata berupa plakat, sebagai penghargaan kepada unsur Forkompinda serta Kementerian Agama, selaku pihak yang turut mensukseskan Pemilu.

Termasuk para penyelenggara Pemilu, para Ketua KIP terdahulu dan Komisioner lainnya, Sekretariat dan Mantan Kasubbag.


Ketua KIP Aceh Singkil, Edi Sugianto mengatakan, Rumah Pintar Pemilu memanfaatkan satu ruangan bangunan Kantor KIP yang akan dijadikan museum Pemilu Aceh Singkil.

RPP menyediakan materi Pemilu, berupa data, foto dan video serta alat peraga yang dipajang. Sehingga bisa diketahui masyarakat maupun pelajar untuk menjadi edukasi dan pembelajaran tentang Pemilu. Sehingga dapat menjawab kebutuhan mayarakat tentang nilai demokrasi.


Plakat diberikan, kepada mantan penyelenggara untuk mempererat silaturahmi dengan KIP pendahulu, ucap Edi.

Bupati Dulmusrid mengatakan, RPP merupakan layanan pengetahuan tentang sejarah Pemilu di Indonesia, yang patut diberikan apresiasi.
Semoga pemilih semakin cerdas, aktif dan berdaulat dalam Pemilu mendatang.
Reporter : Saleh