Cak Nanto : Pilkada Medan dan Solo Menjadi Magnet Nasional

oleh -550 views

Payung juga mengungkapkan bahwa saat ini Bawaslu Sumut ada menerima enam laporan tindak pidana Pemilu, lima diantaranya sudah masuk dalam proses Gakkumdu .

Komisioner KPU Medan Jefrizal mengungkapkan bahwa Pilkada Medan Tahun 2020 dilaksanakan dengan Prokes dimana semua petugas di TPPS dijamin sudah terpapar dari Covid-19.”Perekrutan KPPS yang bertugas di TPS dilakukanv dengan Prokes juga di Rapid Test terlebih dahulu sebelum direkrut secara resmi,” kata Jefrizal.

Jefrizal menegaskan lagi di TPS sangat diterapkan Prokes terseut dimulai disiapkan tempat cuci tangan, termo gan (alat pengukur suhu), sarung tangan.” Bagi pemilih yang memiliki suhu 73.03C aka diberikan bilik khusus untuk tempat mencoblos. Jadi KPU Medan menerapkan Prokes di TPS pada 9 Desember 2020 mendatang,” kata Jefrizal.

Sementara Pengamat Hukum dan Politik Achmad Firdausi Hutasuhut menegaskan bahwa Pilkada serentak 2020 sangat sulit untuk memenuhi target KPU RI yakni 77 persen tingkat partisipasi Pemilih apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini.

“Apalagi di Medan ,Pilkada 2015 lalu tidak di masa Pandemi Covid-19 pertisipasi pemilih hanya 25 persen apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini. Jadi saya pesimis untuk peningkatan partisipasi Pemilih pada Pilkada di Medan Tahun 2020 ini,” kata Firdaus. (syafii)