Bupati Tobasa Akan Launching Penyaluran Program Sembako Tahun 2020 di Sinar

oleh -360 views
Lokasi rencana Launching program sembako 2020 di Desa Narumonda III, Minggu (23/2/2020)

TOBASA – Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian rencananya akan hadir di Desa Narumonda III, Kecamatan Siantar Narumonda dalam acara Launching Penyaluran Program Sembako tahun 2020 pada Senin (24/2/2020).

Selain Bupati, akan hadir juga Kepala Dinas Sosial, dr Rajaipan Sinurat, Camat Siantar Narumonda Evendi Marpaung, kepala desa se Kecamatan Siantar Narumonda, semua anggota Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan para pihak terkait seperti perbankan.

Dilokasi Renca launching, Kepala Desa Narumonda III, Wisman Manurung kepada Media mengaku sangat bangga sebab desanya mendapat penghormatan sebagai tuan rumah untuk launching tersebut.

“Saya, Kepala Desa Narumonda III mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dalam rangka Launching Penyaluran Program Sembako tahun 2020 di desa ini,” ujarnya bangga.

Wisman menjelaskan bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Sembako di desanya berdasarkan data yang ada sebanyak 17 Keluarga PKH yang tersebar di 3 Dusun.

“Program ini tentu sangat dirasakan manfaatnya bagi warga kami, salah satunya adalah meningkatkan ketahanan pangan bagi keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan,” ucap Wisman.

Wisman berharap program ini dapat berkelanjutan dan tepat sasaran, sehingga warga yang belum menerima bantuan ini bisa terakomodir. Sementara itu Camat Siantar Narumonda, Evendi Marpaung mengucapkan terima kasih kepada kepala desa beserta jajarannya serta kepada Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Sosial yang telah memfasilitasi kegiatan Launching Penyaluran Program Sembako tahun 2020.

“Program Sembako merupakan pengembangan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebagai program transformasi bantuan pangan, untuk memastikan program untuk tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat administrasi. “Seperti halnya Program BPNT, Program Sembako diharapkan dapat memberikan pilihan kepada penerima manfaat dalam memilih jenis, kualitas, harga dan tempat membeli bahan pangan,” urainya.

Evendi berharap penyaluran sembako tahun ini dapat dilaksanakan dengan tertib, tidak ada lagi kartu KKS yang dibawa oleh Pendamping Bansos, karena kartu itu isinya uang yang akan dibelikan sembako oleh KPM.

“Kepada E-Warung yang sudah ditunjuk oleh Bank Penyalur, agar dapat melayani KPM dalam pembelian sembako, dan juga memperhatikan ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan oleh KPM sesuai dengan jumlah dan sebaran KPM di wilayahnya masing-masing,”pungkasnya.

Reporter :Bernard Tampubolon