Bupati Galus Minta SKPK Tanam Pohon Diareal Kantor Yang Kurang Hijau

oleh -418 views
Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru didampingi Wakil Bupati Said Sani dan Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan. Orbitdigitaldaily.com

GAYO LUES – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues, bersama TNI, Polri merencanakan kerjasama untuk penanaman pohon yang berlokasi di Pacuan Kuda, Blang Sere, Kecamatan Blangkejeren sebanyak 1500 bibit pohon pinus.

Hal ini disampaikan Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru saat menggelar rapat di Ofroum Sekdakab setempat, Senin (13/1).

Dirinya menyebutkan, program ini bukan yang pertama kali dilakukan, sebab sebelumnya, juga sudah diprogram melalui kepala desa se Kabupaten Gayo Lues.

“Jangan hanya menaman – menanam saja, setelah ditaman tidak dipelihara ya sia-sia, lebih baik taman seratus tumbuhnya seratus, daripada tanam sejuta pohon akhirnya tidak tumbuh,” jelas Amru.

Untuk SKPK, lanjut Amru, akan ada utusan-utusan agar dapat mengikuti kegiatan penanaman pohon di Blang Sere,” SKPK juga diharapkan nantinya untuk mengubah tempat atau daerah-daerah dikawasan perkantoran yang kurang hijau agar dihijaukan,” sebutnya.

Ia berharap, dengan timbulnya kesadaran dapat mengubah alam menjadi lestari supaya kondisi keritis air saat musim kemarau dan banjir dimusim penghujan bisa teratasi.

Sementara, Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan menyampaikan, dipilihnya pohon pinus untuk kali ini dikarenakan ciri khas Gayo Lues adalah pohon pinus. Selain itu, bibit pohon pinus juga paling mudah tumbuh di Negeri Seribu Bukit dan Negeri Seribu Hafizh ini.

“Alhamdulillah Pemkab Gayo Lues sudah memberikan pupuk organik sebanyak sepuluh karung, tapi yang kita perlukan sekitar dua puluh karung,” ujarnya.

Tambahnya, untuk kedepannya pohon pinus juga akan digalakan di Polsek – Polsek yang ada di Gayo Lues dan di Pospol – Pospol yang baru juga akan ditanami pohon pinus.

Reporter: Putra