Bupati Deliserdang Tinjau Vaksinasi Massal

oleh -9 views

DELISERDANG |

Untuk menekan dan memutus mata rantai Covid-19 Pemerintah Kabupaten   Deliserdang menyelenggarakan vaksin massal untuk 10.000 orang, Selasa (8/6/2021), Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Tanjung Morawa.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan,  Wakil Bupati Wabup) H M Ali Yusuf Siregar, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jabal Nur, Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Darwin Zein, seluruh  Asisten dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelum melakukan Conference Pers, Bupati Deliserdang dan Wabup serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkopimda)  meninjau pelaksanaan vaksin massal.

Dalam sambutannya Bupati Ashari Tambunan menyampaikan, selain dipusatkan  di P3UD, vaksinasi juga diselenggarakan serentak di 34 Puskesmas yang berada di 22 Kecamatan se-Kabupaten Deliserdang.

“Maknya, yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah datang membawa KTP untuk kemudian memperoleh vaksin”, ujar Bupati Deliserdang.

Vaksinasi ini adalah, Ashari Tambunan menjelaskan, merupakan salah satu upaya yang paling penting untuk meningkatkan imunitas tubuh masyarakat.

“Karena,   kalau imunitas ini tercapai maka Insha Allah pandemi Covid-19 bisa dikendalikan”, katanya.

Dengan demikian, sambung Bupati Deliserdang,  masyarakat bisa hidup normal seperti sedia kala. Sehingga, kehidupan ekonomi sosial dan yang lebih penting lagi, anak-anak kembali ke bangku sekolah mengikuti pelajaran sebagaimana sebelum pandemi Covid-19.

Ashari Tambunan juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, seperti TNI/Polri, tenaga kesehatan, aparat pemerintah dan  tokoh masyarakat yang telah membantu Pemkab Deliserdang untuk mendorong dan penuh perhatian terhadap keberadaan pandemi covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Deli serdang.

“Saya sampaikan bahwa, kesungguhan Pemkab Deliserdang dalam hal ini Satgas Covid-19 dan  dukungan semua pihak Insha Allah akan terus berlangsung sampai pandemi Covid-19 ini benar-benar terkendali”, harapnya.

Kepada seluruh masyarakat, ajak Bupati Deliserdang,  untuk tidak pernah ragu terhadap vaksinasi. “Karena,  kalau tidak dapat vaksinasi hari ini dan beberapa hari ke depan di P3UD dan seluruh Puskesmas. Maka, setiap saat di 34 Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan yang dimiliki Pemkab Deli serdang, layanan vaksin tersedia dan tanpa dipungut biaya”, ajaknya.

Kemudian, ungkap Ashari Tambunan, Pemkab Deliserdang terus  berupaya untuk  melakukan kegiatan yang memastikan masyarakat tetap mematuhi dan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes).

“Disamping itu, juga berupaya mencegah jatuhnya korban dan banyaknya orang yang terpapar”, ungkapnya.

Oleh karenanya, sebut Ashari Tambunan lagi, upaya yang dilakukan Pemkab Deliserdang, dalam hal ini Satgas Covid-19 adalah menyegerakan perawatan bagi setiap warga yang terpapar Covid-19.  

“Terlebih,  jika ia berusia lanjut dan memiliki penyakit bawaan. Semakin cepat orang tersebut dirawat, semakin tinggi tingkat keberhasilan pemulihan kesehatannya”, sebutnya.

Sampai hari ini, Ashari Tambunan menerangkan,  telah dilaksanakan vaksin sebanyak 293.164 orang dan  belum termasuk 10 ribu hari ini.

Hal itu, terang Bupati Deliserdang, sesuai dengan intruksi Pemerintah Pusat yang menargetkan 70 persen masyarakat sudah di vaksinasi,

“Dan hari ini, saya ditemani Bapak Wabup, Dandim 0204/DS, Kapolresta dan Kajari, hadir pada kegiatan vaksin massal ini. Pemkab Deliserdang dan Forkopimda D menaruh perhatian besar bagi upaya mengendalikan pandemi Covid-19 di Kabupaten Deliserdang”, ujar Ashari Tambunan.

Reporter : Dodi Hamzah Pohan.