Bupati Aceh Selatan Launching Program Desa Bersih Narkoba

oleh -135 views

ACEH SELATAN I Program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa atau gampong, yang bertujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) yang dikelola secara partisipatif, terpadu, dan berkelanjutan berbasis pendayagunaan sumber daya di desa.

Bertempat di Gedung Pertemuan Rumoh Agam Tapaktuan, pada Selasa (14/12, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, yang diwakili Sekretaris Daerah, Cut Syazalisma, S.STP, secara resmi meresmikan program Desa Bersih Narkoba yang dihadiri Kepala BNN Provinsi Aceh, Brigjen. Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si beserta jajaran BNN Provinsi Aceh, Unsur Forkopimda, Kepala SKPK, Camat dan Para Keuchik, serta Tokoh Masyarakat.

Pada Kesempatan tersebut Kepala BNN Provinsi Aceh, Brigjen. Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si, dalam kesempatan tersebut  menyampaikan apresiasi kepada BNNK Aceh Selatan dan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang telah mensukseskan program Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba).

Pelaksanaan program ini telah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024, yang menyebutkan bahwa minimal 10 persen desa/gampong di kabupaten/kota harus membentuk desa bersih narkoba.