Buka TMMD di Langsa Timur, Walikota: Kita Ingin Rakyat Makin Sejahtera

oleh -196 views
Walikota Langsa, Dandim 0104 Aceh Timur, Kapolres dan Wakil Walikota saat pembukaan TMMD ke 104. ORBIT/Rusdi Hanafiah

Langsa-ORBIT: Komando Distrik Militer 0104 Aceh Timur, laksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Gampong Bukit Medang Ara Kecamatan Langsa Timur, Selasa (26/2/2019).

Dandim 0104 Aceh Timur, Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis menjelaskan, TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat masyarakat di desa – desa yang masih tertinggal pembangunan.

Lanjut Dandim 0104 Aceh Timur, TMMD merupakan aktivitas untuk membangun komunikasi antara TNI dengan masyarakat. “Tujuan TMMD juga membangun interakasi dengan masyarakat, untuk menciptakan kesejahteraan di tengah masyarakat,” jelas dia.

Walikota Langsa Usman Abdullah SE, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa.

Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lainnya.

“Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan bersama, sebagaimana TMMD Membangun jalan dan jembatan dan tempat ibadah, ini semua sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya,” tuturnya.

Dijelaskan, TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat Gampong. Tapi, dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

“Kita ingin rakyat itu makin sejahtera dan mandiri. Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa,” paparnya.

Pasiter Kodim 0104/Atim Kapten Miswanto selaku koordinator kegiatan mengatakan, kepada awak media, pelaksanaan TMMD dilakukan selama satu bulan. “Kegiatan dimulai dari 26 Feb – 27 Maret 2019,” ujarnya.

Dalam kegiatan TMMD yang menjadi sasaran pelaksanaan meliputi, sasaran fisik yaitu pembangunan jembatan, penimbunan dan pengerasan jalan, penimbunan tanah sawah, pembuatan 1 unit TPA, rehabilitasi menasah dan MCK dan rehabilitasi rumah.

“Selain kegiatan fisik, juga ada kegiatan non fisik seperti sosialisasi tentang kesehatan, narkoba, hukum, wawasan kebangsaan dan bela negara,” imbuhnya. On-12