BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan ke Keluarga TKI yang Meninggal di Malaysia

oleh -437 views

Medan-ORBIT: Deputi Direktur BPJS ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut menyerahkan klaim kematian TKI atas nama Arif Al Hakim kepada ahli waris, Juwita yang merupakan ibu kandung almarhum.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan langsung menyerahkan ke rumah duka yang beralamat di Serbelawan, Simalungun.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas kepergian almarhum TKI Arif Al Hakim.

“Kami atas nama BPJS ketenagakerjaan turut berduka cita atas kepergian almarhum, kami juga langsung menyerahkan santunan sebesar 85 juta kepada ahli waris,” ujar Umardin Lubis, Senin (26/11/2018).

Dikatakannya, santunan ini tidak di berikan pada saat penyerahan Jenazah waktu lalu dikarenakan suasana yang masih berduka, jadi dijadwalkan penyerahannya setelah proses penguburan selesai.

“Penyerahan klaim juga kiita lakukan tidak saat penyerahan jenazah dikarenakan susana masih berduka, jadi kurang etis saja,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau santunan ini langsung di transfer ke rekening ahli waris, dan tidak ada biaya sedikit pun. Apabila ada petugas dari BPJS Ketenagakerjaan yang meminta imbalan, diharap untuk segera melapor kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah provinsi Sumatera Utara yang di wakili oleh Dinas Tenaga kerja provinsi yang membawahi bidang pengawasan tenaga kerja, Frans Banguni yang hadir dam penyerahan klaim tersebut mengatakan Pemerintah hadir dalam perlindungan pekerja migran yang diamanat undang undang nomor 18 tahun 2018 tentang Perlindungan Pekerjan Migran.

“Kami atas nama pemerintah turut berduka cita atas meninggalnya almarhum Arif Al Hakim, pemerintah hadir sesuai dengan undang undang nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan pelerja migran, yang mana setiap TKI yang berangkat secara resmi wajib terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan,” kata Frans Bangun.

Dari pihak keluarga almarhum mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian yang diberikan dari BPJS Ketenagakerjaan dari pemulangan Jenazah sampai proses penyerahan klaim.

“Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih yang tak terhingga kepada bapak-bapak semua, terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang telah menyelesaikan proses klaim anak saya,” ucap Juwita ibu almarhum Arif Al Hakim.

Kepala Kantor Cabang Medan Utara, Asran Pane, mengatakan ikut turut berduka atas kejadian ini. Dan untuk TKI provinsi Sumatera Utara sudah terdaftar sebanyak 18 ribu pekerja migran sampai dengan November 2018. Om-Nis