BPEK PDI Perjuangan Sukses Gelar Perlombaan Durian Unggul Lokal

oleh -42 views
Ketua BPEK PDI Perjungan Sumut Sugianto Makmur memberikan kata sambutan Perlombaan Durian Lokal Unggul di Binjai (foto/ist)

MEDAN| Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (BPEK) PDI Perjuangan Sumatera Utara sukses menggelat Perlombaan Durian Unggul Lokal di Kota Binjai pada Sabtu (24/7/2021) lalu. Latar belakang kegiatan ini lantaran keprihatinan atas musnahnya plasma nutfah (DNA) durian unggul lokal.

“Masyarakat tidak menyadari durian memiliki nilai ekonomi yang jauh melampaui nilai kayu atau pun sekadar buahnya. Bila pohon-pohon ini diperbanyak, buahnya dibranding, bisa menjadi sumber ekonomi miliaran rupiah,” kata Kepala BPEK PDIP Sumut, Sugianto Makmur kepada wartawan di Medan, Senin (26/7/2021). Selain Sugianto Makmur, perlombaan ini turut didukung Sekretaris BPEK, Indah Dameria Lumban Tobing dan pengurus lain, Juphiter Ginting Franche Sitanggang.

Dalam situasi pandemi, lanjut Sugianto, perlombaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini juga mempersulit datangnya durian-durian unggul ke lokasi lomba di Binjai. Namun dengan pertimbangan musim durian di Bahorok yang akan lewat, maka acara tetap diadakan.