Berstatus Cabang Rutan , Tapi Rutan BNN Sumut tak Punya Sipir

oleh -51 views

Abyadi mengungkapkan, berdasarkan penjelasan dari BNN Sumut, sebetulnya BNN tidak memiliki petugas yang khusus menjaga tahanan. Sehingga, yang ditugaskan untuk menjaga tahanan adalah para penyidik. “Karena tidak ada petugas yang khusus menjaga tahanan seperti sipir penjara, sehingga ditugaskan para penyidik untuk membantu sebagai penjaga tahanan. Jadi, tugas utama mereka adalah penyidik. Tapi diperbantukan menjaga tahanan,” jelas Abyadi.

Jumlahnya pun tidak memadai. Hanya tiga orang. Ketiga orang penyidik yang diperbantukan sebagai penjaga tahanan itu, berbagi tugas. Satu orang tugas siang, dan dua orang lagi tugas malam.

Sistim penjagaan tahanan di BNN ini, menjadi tanda tanya besar bagi tim Ombudsman RI. Sebab, status tahanan di BNN Sumut itu sebetulnya Cabang Rutan Kelas I Medan di bawah naungan Kemenkumham.

“Sebagai Cabang Rutan Kelas I Medan, mestinya sipir atau penjaga tahanan di Rutan BNN Sumut itu adalah sipir dari Kemenkumham. Tapi faktanya, tidak ada sipir penjaga tahanan dari Kemenkumham. Sehingga, BNN Sumut memperbantukan para penyidik BNN Sumut sebagai penjaga tahanan,” jelas Abyadi Siregar.

Menurutnya, hal ini adalah persoalan yang perlu dievaluasi. “Kalau itu cabang Rutan Kemenkumham, sebaiknya sipirnya itu dari Kemenkumham,” katanya.