Belum Tahu Manfaat ber-KB, Temazaro: Ikuti Pelayanan Gratis BKKBN di PRSU

oleh -670 views
Stan milik BKKBN Provsu.

Medan-ORBIT: Badan Kependudukan Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara mempromosikan serta memberikan pelayanan KB gratis di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) selama sebulan.

Dengan mendirikan stand khusus yang tak jauh dari pintu masuk tepatnya disisi kanan perhelatan PRSU ke 48 BKKBN dengan senang hati menyapa dan memberikan pelayanan kepada setiap pengunjung PRSU.

Disambut dengan beberapa wanita cantik yang merupakan putri pilihan terbaik dari duta Generasi Berencana (GenRe) akan membantu memberikan pelayanan informasi tentang program genenerasi berencana.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega mengatakan bahwa BKKBN setiap tahun selau ikut berpartisipasi dalam event PRSU sebagai ajang tepat dalam mempromosikan program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“BKKBN Sumut hadir menyediakan pelayanan ruang konsultasi yang berkaitan dengan program KB maupun bantuan kesehatan reproduksi dan juga konsultasi bagi remaja yang menyiapkan masa depan yang baik dan menghindarkan mereka dari perilaku beresiko seperti penggunkan narkoba dan seks bebas dan pernikahan dini,” katanya, Sabtu malam (16/3).

Sehingga Temazaro berharap melalui kegiatan di PRSU masyarakat bisa mendapatkan manfaat informasi yang berkaitan dengan program-program KKBPK sehingga intensifikasi atau perluasan promosi program KB bisa tersebar kesemua lapisan masyarakat di setiap wilayah dan setiap segmen umur.

“Kita juga berharap agar tidak hanya mendengarkan informasi saja tapi mereka juga akan menginplementasikan dalam kehidupan keluarganya. Baik melalui instrument KB menggunakan alat kontrasepsi mengatur jarak kelahiran, kemudian juga pengetahuan mereka tentang pola asuh atau yang disebut program menjadi orangtua hebat,” terangnya.

Disamping itu lanjutnya para remaja apalagi dengan saat ini dengan maraknya narkoba yang berpotensi merusak gerenasi muda sementara melalui program yang disampaikan para duta GenRe maka remaja-remaja bisa terhindar dari resiko penyalahgunaan narkoba serta pernikahan dini.

“Tentu kita harapkan agar para remaja menjadi SDM yang berkulitas ketika disiapkan dari bawah diantaranya program yang siapkan BKKBN ini,” terangnya.

Dikatakanya program yang disiapkan selama PRSU selain menyiapkan informasi-informasi tentang program KKBPK juga menyediakan mobil-mobil unit pelayanan KB. 

“Jadi ketika mereka diberikan konseling soal KB atau konseling terhadap remaja dan khusus untuk pasangan usia subur akan diberikan pelayanan KB misalnya alat kontrasepsi jika mereka sudah setuju dan cocok dan diperiksa kesehatannya oleh tim medis maka dipersilahkan mendapatkan pelayanan kontrasepsi secara gratis,” ujarnya. Om-11