Banyak Warga Berpindah Domisili Jelang Pileg Jadi Sorotan

oleh -257 views
Ketua Divisi Pengawasan Bawaslu Tobasa, Romson Purba, Laguboti, Rabu (6/3/2019). ORBIT/Bernat

Laguboti – ORBIT: Jelang Pemilihan Umum tahun 2019 khusus untuk Pemilihan Calon Legislatif Tingkat Kabupaten di Toba Samosir, jumlah warga yang berpindah domisili jadi sorotan sejumlah pihak.

Denny Hutagaol, salah seorang jurnalis di wilayah Tobasa saat Bawaslu adakan sosialisasi di Laguboti, Rabu (06/03/2019) menyebut akhir – akhir ini, jelang Pemilihan Caleg DPRD Kabupaten Tobasa (Pilcaleg) sesuai amatannya banyak warga yang berpindah domisili antar Daerah Pemilihan (Dapil).

Dan sesuai investasinya di lapangan, dirinya menyebutkan bahwa tujuan perpindahan domisili sejumlah warga itu terkait dengan Pilcaleg. “Kami menduga itu upaya para Caleg kabupaten untuk menambah jumlah suaranya di Dapilnya,” ujarnya seakan bertanya.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Kependudukan dan Pencatatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tobasa, Romanta Simanjuntak mengatakan bukankag gawean pihaknya untuk menjawab pertanyaan jurnalis itu.

“Namun, bagi setiap warga di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akan berpindah domisili, apabila dokumennya sudah lengkap dan memenuhi syarat atau ketentuan maka pihaknya harus melayaninya,” pungkas Kabid.

Romson Purba, Ketua Divisi Pengawasan Bawaslu Tobasa mengatakan bila saat ini ada warga yang berpindah Dapil, maka warga itu tidak akan bisa memilih Caleg DPRD Tingkat Kabupaten.

“Ada ketentuan yang mengaturnya, jangan coba – coba memanipulasi data kalau tidak akan berhadapan dengan Gabungan Hukum Terpadu (Gakumdu),” urai Romson. Od-BT