Bandahara ASN Ikut Sosialisasi Bukti Pemotongan PPh dan Pengisian SPT Tahunan, Cegah Praktik Korupsi

oleh -230 views
Puluhan bendahara ASN Setdakab Abdya ikut sosialisasi pembuatan bukti pemotongan PPh A2 dan pengisian SPT tahunan objek pajak di aula Bappeda setempat. ORBIT/Only

Abdya-ORBIT: Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Blangpidie menggelar sosialisasi pembuatan bukti pemotongan PPh A2 dan pengisian SPT tahunan objek pajak kepada bendahara di lingkup Pemkab Abdya, Rabu(27/2/2019).

Pantauan awak media sosialisasi tersebut dibuka oleh asisten pemerintahan Setdakab Abdya, Amrizal SSos dan dihadiri Sekretaris BKK Mahyudin, KPP Pratama Tapaktuan dan para Bendahara ASN serta undangan lainnya.

“Kebijakan ini dilakukan guna mencegah praktik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor),” kata Kepala Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Blangpidie, Yani Lapian Siregar, Rabu, (27/2/2019) di aula Bappeda.

Yani mengatakan, kebijakan ini harus dilakukan setiap tahunnya. “Untuk sementara waktu, kita hanya meminta melaporkan LHKPN ini kepada para bendahara ASN. Nanti kita akan sosialisasikan juga kepada pengusaha sampai ke tingkat desa,” jelas dia.

Lanjutnya masing-masing ASN, harus ada kewajiban SPT tanggungan di setiap tahun. Misalnya berapa penghasilan disetiap tahun, itulah yang diisi di SPT.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk untuk mengkampayekan kemudahan pelaporan SPT melalui e-Filing,” ungkapnya.

Dijelaskan Yani, dengan e-Filing wajib pajak dapat dilakukan pelaporan di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Masa pengisian SPT tahunan untuk wajib pajak orang pribadi akan berakir pada 31 Maret 2019. Sementara itu masa pengisian SPT tahunan untuk wajib pajak badan dibatasi hingga 31 April 2019.

Pihaknya berharap kepada ASN agar dapat membuat laporan tahunan di setiap awal Januari. Pasalnya kalau di akhir Maret karena secara Nasional ramai yang melapor.

“Kita harapkan laporan ini jangan dilakukan pada akhir Maret, karena biasanya sistemnya bisa macat atau error,” pungkasnya. 0n-07