Abaikan Prokes, Hiburan Malam Capital Building Ditutup, Satgas Covid-19 Sanjung Hiburan Holy Wings

oleh -778 views

MEDAN | Akhirnya Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Medan – Binjai – Deli Serdang (Mebidang) bertindak tegas hingga menutup hiburan malam yang kerap mengabaikan protokol kesehatan di tengah meningkatnya lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Medan.

Tim Satgas Covid-19, tergabung dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Parisiwata Pemko Medan dan Humas Pemprov Sumut, sebelumnya telah mengimbau secara tertulis maupun lisan kepada pemilik hiburan malam agar mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kolonel Inf Azhar Muliyadi, merasa kecewa timbul saat melakukan razia hiburan malam di Capital Building, Jalan Putri Hijau Nomor 1A Medan, Sabtu (17/10/2020) malam, sebab minimnya kesadaran pemilik hiburan malam dan kerap melanggar protokol kesehatan.

“Ini kedua kalinya Tim Satgas Covid-19 Mebidang melakukan razia di Capital Building hingga menutup sementara hiburan malam. Sebab, sebelumnya telah mendatangi tempat ini pada 6 Oktober, namun ketika ditinjau kembali, Sabtu (17/10) malam, ditemukan pelanggaran protokol kesehatan,” kata Kolonel Inf Azhar Muliyadi.

Kolonel Inf Azhar Muliyadi menjelaskan ada dua tempat hiburan malam di Capital Building yang ditutup sementara, yaitu Soho di lantai 2 dan Restrospective di lantai 6.

“Masih terjadi pelanggaran disini, dalam satu ruangan yang kecil ditemukan banyak pengunjung, sangat berbahaya untuk penyebaran Covid-19. Jadi, kita putuskan menutupnya sementara,” tegas Azhar Muliyadi.

Menurutnya, wajar banyak pihak mendesak tim satgas bertindak tegas. Faktanya saat sigelar operasi razia, tim menemukan kondisi pengunjung melebihi kapasitas ruangan.

“Banyak pihak meminta Capital Building ini ditutup, baru kali ini saya tahu alasannya mengapa tempat ini harus diberi sanksi tegas. Para pengunjung penuh di ruangan yang kecil, tidak pakai masker, ini sangat berbahaya,” sebut Azhar.

Sementara, Andi pengelola Soho lantai 2 Capital Building mengatakan menerima kesalahan mereka melanggar protokol Covid-19. Dan kedepannya akan memperbaiki serta menerapkan himbauan protokol kesehatan.

“Kami menerima kesalahan kami dan akan memperbaikinya ke depan, menerapkan protokol kesehatan di tempat usaha kami,” kata Andi.

Selanjutnya, selain Capital Building, Tim II Satgas Covid-19 Mebidang juga melakukan razia Durian Sibolang dan Krypton Jalan Iskandar Muda, Hotel Sibayak Jalan Nibung Raya, Urban Club Jalan Imam Bonjol, Foodpoint, Mie Aceh Aulia Jalan Sakti Lubis dan Electra di Komplek Central Bussiness District (CBD).

Tim Satgas Covid-19, hanya memberikan teguran tertulis dan lisan agar pemilik usaha menerapkan protokol kesehatan di tempat usahanya. Kemudian, saat melintas kawasan Kesawan Jalan Jendral Ahmad Yani, 23 orang anak muda diganjar sanksi fisik dan non fisik.

“Di malam hari ternyata banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan, terutama di malam minggu seperti anak-anak muda kurang kesadaran. Kita tidak ingin mengusik aktivitas atau usaha orang-orang. Kita hanya ingin masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Azhar.

Namun, sangat berbeda hiburan malam Holy Wings di Jalan Ahmad Rivai, dekat Kantor Gubernur Sumatera Utara, justeru mendapat pujian dari Wakil Ketua Satgas Covid-19 Mebidang Kolonel Inf Azhar Muliyadi.

Sebab, Holy Wings menerapkan protokol kesehatan dengan baik dimulai dari pembatasan jumlah pengunjung, susunan kursi dan jaga jarak, serta fasilitas cuci tangan dan pendeteksi suhu tubuh. Dan pengunjung telah mengenakan masker.

“Saya berterima kasih kepada pengelola dan juga pengunjung karena mau menerapkan protokol kesehatan. Pertahankan ini dengan baik, cara ini kita bisa menghentikan penyebaran Covid-19,” sanjung Azhar, disambut pengunjung Holy Wings.

Reporter : Toni Hutagalung