BKKBN Bersama TNI Komitmen Sukseskan Program KKBPK dan Baksos

oleh -1.237 views
Kegiatan komitmen Bakti Sosial TNI KKBPK -Kesehatan Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2019 di Medan Orbit/Antonius Samosir

MEDAN (orbitdigital): Guna menyukseskan dan peningkatan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara dan TNI berkomitmen Bakti Sosial KB Kesehatan Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan komitmen Bakti Sosial TNI KKBPK Kesehatan Tingkat Provinsi Sumut tahun 2019 yang digelar di Hotel Grand Dhika Jalan Dr Mansyur Medan itu dihadiri Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung S.I.P dan Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sumut, Drs Temazaro Zega dan Kabid KB/KR perwakilan BKKBN Provinsi Sumut H.A. Sofian Rangkutik S. E M.AP serta Kabid ADPIN perwakilan BKKBN Prov Sumut, Dra Rabiatun Adawiyah.

Panglima Daerah Militer (Pangdam) I/BB, Mayor Jenderal M Sabrar Fadhilah yang diwakili Asisten Teritorial Kasdam I/BB, Kol Inf Parluhutan Marpaung SIP mengatakan bahwa dukungan TNI khususnya Kodam I/BB dalam program TNI Manunggal KB kesehatan tentunya Kodam beserta seluruh jajarannya melalui satuan-satuan yang ada baik Kodim maupun petugas ataupun rumah sakit yang ada di jajaran Kodam I/BB siap untuk menyukseskan dan kerjasama mendukung suksesnya program sesuai dengan target yang diberikan khususnya wilayah Sumut pada tahun 2019.

“TNI dengan BKKBN itu sudah ada itu dimulai dari MoU antara Panglima TNI dengan kepala BKKBN Republik Indonesia itu sebagai dasar dan kita menindaklanjuti sampai dengan ke tingkat Kodam I/BB maupun jajarannya ada tugas operasi militer selain perang di sana ada tugas membantu pemerintah daerah. Hal ini juga sebagai dasar kami untuk membantu apapun yang menjadi program-program pemerintah untuk kepentingan Kemajuan pembangunan masyarakat,” katanya.

Menurutnya program tersebut sangat penting dan bisa berjalan dan terlaksana bukan hanya oleh karena TNI maupun BKKBN sendiri tetapi dituntut partisipasi dari seluruh komponen masyarakat.

“Secara bersama-sama kita ikut serta untuk menyukseskan program ini karena tanpa ada kesadaran tanpa ada partisipasi dari semua komponen bangsa apapun program yang kita jalankan saya kira tidak akan mencapai hasil yang optimal,” terangnya.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega mengatakan bawha komitmen merupakan awal di dalam melaksanakan kegiatan operasional program KKBPK dan Kesehatan yang didukung oleh TNI sebagai perwujudan dari pada wawancara Panglima TNI dengan Kepala BKKBN maka di seluruh jajaran seluruh wilayah di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang melakukan bakti sosial di masyarakat.

“Setelah pertemuan komitmen maka kita lakukan pencanangan yang dilakukan oleh tokoh Panglima kalau di tingkat provinsi atau Komandan Korem atau Dandim di tingkat Kabupaten/ Kota dan selanjutnya nanti koordinasi operasional dibawa oleh dinas-dinas penduduk dan KB bersama jajaran dan sampai ke tingkat Lina pangan ditinggalin pangan di jajaran BKKBN ada penyuluh KB di tingkat lapangan. Sementara dijajaran TNI ada namanya Babinsa dan mereka ini nanti akan melakukan pelayanan memberikan sosialisasi,” terangnya.

Dijelaskanya selain penyuluh KB teman Babinsa juga sudah dibekali di provinsi sehingga mereka punya modal untuk melakukan sosialisasi dan merujuk keluarga-keluarga yang membutuhkan pelayanan pelayanan KB kepada faskes Askes.

“Oleh karena itu jajaran BKKBN sangat mengapresiasi berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI yang senantiasa tidak mengenal lelah untuk membantu masyarakat melalui antara lain program KKBPK ini,” ujarnya. Om-11