2021 PLN UIW Sumut Akan Bangun LISA Sepanjang 169,7 Kms


MEDAN| PT PLN (Persero) terus mendukung program pemerintah dalam rangka peningkatan rasio elektrifikasi dan keadilan energi nasional. Pada tahun 2021, PLN UIW Sumatera Utara telah merencanakan pembangunan Jaringan Listrik Pedesaan (Lisa) sepanjang 169,7 kilometer sirkuit (kms)

General Manager PLN UIW Sumateta Utara, Pandapotan Manurung menyampaikan PLN telah memiliki roadmap pembangunan listrik pedesaan yang terimplementasi dalam rencana kerja tahunan. “Rencana kerja ini akan terus diupdate sesuai perkembangan data desa dari Kementerian Dalam Negeri. Hal ini karena dasar pelaksanaan listrik desa adalah data desa yang terdaftar di Kemendagri,” ungkap Pandapotan, Kamis (18/3/2021)

Menurutnya, upaya realisasi listrik pedesaan memerlukan tahapan-tahapan sesuai prosedur. “Dalam membangun jaringan listrik pada program listrik pedesaan, kami harus melakukan survey untuk mendata material yang dibutuhkan serta kondisi geografis lokasi. Data geografis ini diperlukan untuk menentukan mekanisme mobilisasi material dan metode pembangunan konstruksi jaringan listrik. Selain itu PLN juga berkoordinasi dengan stakeholder mengenai ijin pembebasan lahan yang dilintasi jaringan listrik pedesaan,” paparnya.